Sterilkan Nyamuk Pembawa Penyakit : Ilmuwan Argentina Gunakan Energi Nuklir

News & Event1229 Views

klinikfarma.com  Ilmuwan di Argentina menggunakan energi nuklir sebagai bagian dari upaya untuk mensterilkan nyamuk pembawa penyakit. Dengan kasus demam berdarah yang mencapai rekor di negara ini, teknik inovatif ini diharapkan dapat menjadi solusi efektif untuk mengendalikan populasi nyamuk pembawa penyakit.

Uji Coba Sejak 2016

Teknik yang diujicobakan sejak tahun 2016 ini melibatkan pembiakan dan sterilisasi massal nyamuk Aedes aegypti. Setelah melalui proses ini, nyamuk dibiarkan kembali ke alam liar untuk melakukan perkawinan. Dengan melepaskan nyamuk jantan mandul ke lingkungan, diharapkan populasi nyamuk pembawa penyakit dapat dikurangi secara signifikan.

Alat Kontrasepsi bagi Serangga

Mariana Malter Terrada, Kepala Departemen Aplikasi Pertanian CNEA, menjelaskan bahwa teknik ini mirip dengan kontrasepsi bagi serangga. “Teknik ini bertujuan untuk mengendalikan serangga melalui dirinya sendiri dengan melepaskan serangga jantan mandul ke lingkungan di mana populasi serangga pembawa penyakit perlu dikurangi,” ujarnya. Serangga jantan mandul bersaing dengan jantan liar untuk kawin dengan betina liar, dan hasil perkawinan ini tidak dapat menghasilkan keturunan.

Teknik Serangga Steril

Metode yang digunakan, dikenal sebagai Teknik Serangga Steril, pertama kali diperkenalkan oleh ahli entomologi Amerika, Edward F. Knipling. Teknik ini telah terbukti efektif dalam mengendalikan populasi serangga hama dan vektor penyakit secara lokal, dan kini diaplikasikan dalam upaya pengendalian nyamuk pembawa penyakit di Argentina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *